Selasa, 03 Maret 2020

MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN MENCARI HARTA KARUN





MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN MENCARI HARTA KARUN
UNTUK MATERI FUNGSI PETA
(Yennie Pratiwi Putri; Guru Geografi MAN 1 Kota Padang)


Model pembelajaran aktif dan menyenangkan dewasa ini menjadi tuntutan bagi setiap Guru untuk dapat menerapkan pada proses pembelajaran. Strategi untuk menyampaikan secara aktif dan melibatkan siswa dalam setiap tahapannya merupakan impian bagi setiap pendidik dan kebahagiaan bagi siswa itu sendiri. Karena pembelajaran yang monoton perlahan-lahan telah ditinggalkan. Dalam proses belajar siswa tidak lagi hanya menerima dan mendengar ceramahan guru tentang informasi mengenai suatu ilmu pengetahuan ataupun materi pelajaran. Karena itu Guru dituntut mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak membosankan, tidak menyebabkan kantuk dan dapat memberi kesempatan pada siswa untuk menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapatkan. Guru hanya bertindak sebagai pemandu  dan fasilitator dalam proses pembelajaran.
Mata pelajaran Geografi merupakan bidang ilmu yang mempelajari lapisan-lapisan permukaan bumi beserta interaksi antara manusia dengan alam secara umum  maupun ruang tempat tinggal manusia khususnya. Sehingga dapat dikatakan Geografi adalah induk dari segala Ilmu Pengetahuan (Preston E. James). Geografi dan Peta adalah dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Karena dengan bantuan peta segala kondisi geografi dapat kita temukan. Pengetahuan peta adalah salah satu materi dalam mata pelajaran geografi kelas X. Proses pembuatan peta dewasa ini telah menggunakan berbagai macam teknologi salah satunya GPS dan kompas digital.  Dalam materi pengetahuan peta penulis berusaha mengajak siswa terlibat langsung dalam praktek menunjukkan arah dengan menggunakan kompas digital. Materi ini disampaikan dengan oleh guru dalam bentuk permainan mencari harta karun.

Permainan selalu menghadirkan kesenangan, karena itu manusia baik muda maupun tua semuanya senang bermain. Permainan mencari harta karun merupakan salah satu jenis permainan yang dilakukan untuk mencari benda-benda yang disembunyikan dengan bantuan beberapa petunjuk oleh Guru. Secara umum permainan mencari harta karun bertujuan untuk mengembangkan konsep analisis data. Siswa diajak secara langsung untuk mencari harta karun yang berupa kado berisi hadiah sederhana sambil langsung mempraktekkan penggunaan teknologi kompas digital serta teori-teori yang dipelajari dalam pemetaan.
Permainan harta karun juga memupuk rasa percaya diri peserta, menciptakan keaktifan kelompok dalam suasana gembira, membangun kerjasama,  serta mendorong siswa untuk mencari pemecahan masalah, yang berarti siswa harus mampu bekerja secara gotong-royong. Permainan harta karun juga bertujuan agar memudahkan penyerapan pengetahuan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Adapun langkah-langkah dalam menerapkan permainan ini adalah:
1)   Guru menyampaikan indikator materi tentang sudut dan arah dalam materi pengetahuan peta.
2)   Guru membagi kelompok secara heterogen (4-5 siswa).
3)   Masing-masing kelompok mendapatkan petunjuk arah untuk menuju ketempat harta karun secara berurutan. Contoh:
a.       Dengan berpedoman pada kompas digital Siswa berjalan 5 meter kearah 00
b.      Kemudian belok 2 meter kesudut 300
c.       Kemudian berbelok 5 meter kearah 2700
d.   Pada titik iniSiswa diberi petunjuk untuk mencari sebuah pesan, dimana pesan tersebut berisi petunjuk arah.
e.    Lalu siswa mengikuti petunjuk tersebut sampai nanti akan menemukan harta karun yang berupa kado berisi hadiah sederhana.
f.     Rute perjalanan ditandai dengan menggunakan batu bata, dimana goresan batu bata tersebut akan dinilai untuk dicek kesesuaiannya dengan petunjuk yang telah diberikan.
g.     
Contoh rute perjalanan:



Alat yang digunakan:
1)      Kompas digital (download dari playstore); digunakan sebagai petunjuk arah dan  sudut.
2)      Alat tulis.
3)      Batu bata (Untuk menandai jalan yang dilalui).

               Permainan dilakukan dilapangan dan di lingkungan sekitar sekolah, pada jam mata pelajaran Geografi. Sebelumnya Guru menyampaikan kepihak sekolah karena siswa akan menggunakan HP Android dan melakukan kegiatan diluar kelas. Dengan model pembelajaran “Mencari Harta Karun” ini, diharapkan pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa dapat terlibat aktii serta dapat memanfaatkan teknologi kompas sederhana. Banyak hal yang bisa didapat oleh peserta didik selain proses pembelajaran menjadi menyenangkan, terjadi diskusi antara peserta didik, dan didalamnya juga terdapat pendidikan karakter yang didapat diantaranya peserta didik belajar untuk disiplin terhadap waktu, jujur dalam menjawab soal-soal, kerja keras dalam mencari pertanyaan, kreatif dalam menemukan jawaban dan aktif dalam pembelajaran.


Sekian informasi yang dapat Saya sampaikan... Jika ada saran dan kritik yang membangun silahkan disampaikan ke email ya... pratiwiyennie01@gmail.com

Terimakasih... 💕

Tidak ada komentar:

MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN MENCARI HARTA KARUN

MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN MENCARI HARTA KARUN UNTUK MATERI FUNGSI PETA ( Yennie Pratiwi Putri; Guru Geografi MAN 1 Kota Padang )...